Sabtu, 09 Januari 2021

Merumuskan Ciri Negosiasi (Materi Pembelajaran Bindo X Semester Genap MA/ SMK/ SMA, BAB V Teks Negosisasi Pertemuan Ke-1)


Materi ini bersumber dari buku Bahasa Indonesia kelas X yang diberbitkan Puskurbuk Kemdikbud. Materi ini dishare dengan harapan membantu siswa, memudahkan siswa dan guru dalam pembelajaran daring karena pembatasan pembelajaran.


Merumuskan Ciri Negosiasi

Amati dan pahami teks I, II, dan III berikut ini. Kemudian jawablah pertanyaan- pertanyaan yang menyertainya.


                                                                Teks I
Pembeli    : “Berapa harga sekilo mangga ini, Bang?”
Penjual      : “Tiga puluh ribu, Bu. Murah.” 
Pembeli     : “Boleh kurang kan, bang?”
Penjual       : “Belum boleh, Bu. Barangnya bagus lho, Bu. Ini bukan karbitan. Matang pohon
Pembeli     : “Iya, Bang, tapi harganya boleh kurang kan? Kan lagi musim, Bang. Dua puluh ribu saja 
                ya?”
Penjual       : “Belum boleh, Bu. Dua puluh delapan ribu, ya, Bu. Biar saya dapat untung, Bu.
Pembeli     :  "Baiklah, tapi saya boleh milih sendiri, kan Bang?”
Penjual       :  “Asal jangan pilih yang besar-besar, Bu. Nanti saya bisa rugi.”
Pembeli     :  “Iya, Bang. Yang penting saya dapat mangga yang bagus dan tidak busuk.”
Penjual       :  “Saya jamin, Bu. Kalau ada yang busuk boleh ditukarkan.” 
Pembeli     :  “Baiklah, saya ambil 3 kilo ya Pak.”
Akhirnya, penjual mempersilakan pembeli untuk memilih dan menimbang sendiri mangga yang dibelinya.


                                                            Teks II
                                                            
                                                            HP Baru
        Perihal HP barunyaitu, sesungguhnyasudahlama Ranimenginginkannya. Beberapa kali ia membujuk Ayahnya agar dibelikan HP. Gagal meminta langsung pada Ayahnya, Rani pun minta bantuan ibunya. Namun, tetap saja usaha Rani gagal.
        Minggu lalu, Rani benar-benar berusaha meyakinkan ayahnya betapa ia sangat membutuhkan HP.
        “Yah ... Rani benar-benar perlu HP. Belikan ya Yah?” kata Rani pada ayahnya. “Ayah belum punya cukup uang untuk membeli HP, Ran. Lagipula kan sudah ada telepon rumah,” kata ayah sambil meletakkan koran ke atas meja. “Tapi, Yah ... semua teman Rani punya HP. Mereka dapat denganmudah menelepon orangtuanya saat terpaksa pulang telat.”  “Lha kalau begitu kamu jangan pulang telat,” kata ayah lagi. Rani hampir saja menangis.
        “Tak hanya itu, Yah ... Rani iri sama teman-teman Rani yang dapat dengan mudah mengunduh materi pembelajaran, mengirim tugas, bahkan berdiskusi untuk mengerjakan tugas-tugas tanpa harus keluar rumah,” kata
        Rani dengan kalimat yang runtut dan jelas. Kalimat yang sudah beberapa hari ia rancang untuk merayu Ayahnya.
        Mendengar penjelasan Rani, Ayah melepas kacamatanya dan menatap Rani dengan lembut.
        “Sebegitu pentingkah HP itu bagimu, Nak?”
        Rani hampir saja melonjak kegirangan mendengar reaksi ayahnya.
        “Iya, Yah. Apalagi guru-guru sering menugaskan kami untuk mengirim tugas ke grup facebook atau mengunggah tugas di blog. Kalau Rani punya HP kan enak. Bisa buat diskusi bareng teman-teman sekaligus dapat mengakses internet melalui HP.”
        “Hm ... Ayah akan membelikan HP untuk Rani, asal ....” ayah seakan sengaja menggoda Rani.
        “Asal apa, Yah?” tanya Rani tak sabar.
        “Asal Rani rajin belajar dan berjanji akan menggunakan HP itu untuk hal-hal yang positif.”
        “Rani janji, Yah. Makasih ya Ayah,” janji Rani sambil memeluk Ayahnya



                                                                        Teks III
                                                            Terima Kasih, Bu Mia
        Kamis pagi usai pelajaran olah raga, Bu Mia, guru Kimia masuk kelas X MIPA tepat waktu. Tak seperti biasanya, hari itu anak-anak belum selesai berganti pakaian. Penyebabnya, mereka baru saja mengikuti ujian lari mengelilingi stadion
        Sebenarnya hari itu Bu Mia akan memberikan ulangan. Beberapa siswa yang napasnya masih memburu dan keringatnya bercucuran, mengajukan usul pada Dani.
        “Dan ... minta Bu Mia menunda ulangan dong. Capek nih,” kata Ali. “Waduuuh aku gak berani,” jawab Dani. “Lia saja suruh bilang. Dia kan ketua kelas, ” sambung Dani.
        “Baiklah, aku akan mencoba merayu Bu Mia. Doakan berhasil,” kata Lia. “Beres. Kamu kan ketua kelas.”
        Dengan santun, Lia menghadap Bu Lia yang wajahnya tampak kaku melihat murid-muridnya belum juga siap mengikuti pelajaran.
        “Maaf, Bu. Boleh Lia berbicara sebentar?” tanya Lia sambil duduk. “Iya. Ada apa?”
        “Begini, Bu, saya mewakili teman-teman, Lia minta maaf karena teman- teman belum selesai ganti baju.
        “Biasanya kan tidak terlambat seperti ini?” tanya Bu Mia.
        “Iya, Bu. Sekali lagi maafhan, kami. Kami kelelahan, Bu. Tadi baru saja ujian lari mengelilingi stadion 2 kali.”
        “Oh ... kenapa tidak bilang tadi? Kalian sudah minum?” suara Bu Mia berubah ramah setelah tahu penyebab Lia dan kawan-kawannya terlambat ganti baju.
        “Belum sempat, Bu. Kami takut ketinggalan ulangan,” jawab Lia tetap dengan sopan. “Kalau boleh, kami minta waktu sepuluh menit untuk minum dan ganti baju, Bu. Biar badan kami segar.”
        “Ya sudah, kalian istirahat 15 menit. Ulangannya minggu depan saja. Nanti kita latihan soal saja,” jawab Bu Lia mengagetkan Mia dan teman-teman.
        “Makasih, Bu,” kata Lia.
        “Eit ... tapi ingat. Kalian harus tertib. Tidak boleh gaduh dan mengganggu kelas lain. Dan masuk kelas lagi tepat pukul 09.00 WIB.”
        “Iya, Bu. Makasih.”
Teman-teman Lia yang sejak tadi ikut menyimak pembicaraan Lia dan Bu Mia bertepuk tangan gembira mendengar keputusan Bu Mia


TUGAS

Bacalah Teks I untuk menjawab soal nomor 1 s.d.5!
1. Siapa pelaku dialog tersebut?
2. Bagaimana cara pembeli menawar harga mangga tersebut?
3. Bagaimana tanggapan penjualnya?
4. Apakah pada akhir dialog terjadi kesepakatan antara penjual dan pembeli?
5. Bagaimana kesepakatan akhir terjadi?


Bacalah Teks II untuk menjawab soal nomor 6 s.d.10!
6. Apa yang diajukan Rani pada Ayahnya?
7. Apakah Ayah langsung mengabulkan permintaan Rani? Jelaskan alasannya!
8.  Bagaimana cara Rani meyakinkan Ayahnya?
9.  Bagaimana cara Ayah memenuhi permintaan Rani?
10. Apakah permintaan Rani dikabulkan oleh Ayahnya? Adakah syarat yang harus dipenuhi Rani?


Bacalah teks III untuk menjawab soal nomor 11 s.d. 15
11.   Apa yang disampaikan Lia kepada Bu Mia?
12. Bagaimana cara Lia meyakinkan Bu Mia?
13. Bagaimana tanggapan Bu Mia atas permintaan Lia?
14. Apakah Bu Lia mengabulkan permintaan Lia?
15. Adakah syarat yang ditetapkan Bu Mia?

Bacalah Teks I, II, dan III untuk menjawab soal nomor 16 s.d. 20!
 16. Di antara ketiga teks tersebut, manakah yang termasuk ke dalam teks negosiasi? Jelaskan alasanmu!
17.  Apakah dalam teks tersebut terjadi proses pengajuan dan penawaran?
18. Siapakah         partisipan         yang    menyampaikan            pengajuan        dan      yang mengajukan penawaran?
19. Apakah terjadi kesepakatan antarpartisipan?
20. Rumuskanlah ciri-ciri teks negosiasi dengan bahasamu sendiri!

 









Tidak ada komentar:

Posting Komentar