Senin, 17 Februari 2020

Sagusablog IGI, Seru, Menantang

Pada 10 sampai 16 Febaruari 2020, Ikatan Guru Indonesia mengadakan program Satu Guru Satu Blog (Sagusablog). Kegiatan ini berupa diklat daring (online) pada guru tentang cara membuat blog. Para guru dibimbing online oleh instruktur yang sudah berpengalaman. Di kelas Sagusablog Dasar Kelas 35 H diinstrukturi oleh Edy Pariawan dan Yudi Candra.



Para guru disilakan mempelajari modul yang disiapkan panitia, modul 1 sampai modul 6. Dalam modul tersebut terdapat penjelasan praktis beserta video tutorial yang mempermudah guru memenuhi tugas setiap modulnya. Bila mengalami kesulitan, para guru bisa langsung sharing di grup telegram yang disediakan di setiap kelasnya. 

Banyak guru yang mengerjakan tugas pembuatan blog ini pada sore atau malam hari di luar jam kerja. Hal ini karena kalau pagi guru harus sibuk beraktivitas sekolah. Pak Edy, sapaan Edy Pariawan tampak begitu sabar memandu dan melayani para guru dalam belajar membuat blog ini. Mesi online, tapi pelatihan tampak begitu nyata dan mudah diterapkan. 

Setelah selesai mengerjakan tugas, instruktur akan mengoreksi blog karya guru. Kemudian memberi umpan balik serta memberi nilai. Selanjutnya, hasil akhir dari kegiatan ini adalah guru bisa membuat dan mengelola blog dan panitia memberinya sertifikat. Semua dikerjakan online sehingga tidak mengganggu aktivitas guru di sekolah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar