Selasa, 01 September 2020

MENULIS TEKS EKSPOSISI (URAIAN MATERI PELAJARAN DAN LATIHAN, BINDO KELAS X)

URAIAN MATERI PEMBELAJARAN

Menulis Teks Eksposisi

            Teks eksposisi biasa tampil di majalah dinding, majalah kertas, koran, maupun media online. Biasanya teks ini ditempatkan di halaman opini. Oleh redaksi, teks ini dinamai artikel opini. Pembaca yang ingin karya tulisnya dimuat di majalah, koran, atau media online dapat mengirim karya tulis jenis ini dengan cara mengirimkan lewat email ke redaksi media tersebut. Bila koran Jawa Pos, berarti karya tulis tersebut dikirim ke email redaksi Jawa Pos.

Pengirim tulisan yang tulisannya terpilih dan dimuat di koran/ media onlien, misalnya koran Jawa Pos, redaksi akan memberi royalti (honor) pada pengirim tulisan tersebut dengan cara transfer ke rekaning pengirim tulisan tersebut. Jadi, minimal tiga manfaat yang diperoleh pengirim tulisan saat tulisannya terpilih dan dimuat di koran, pertama, pegirim tulisan jadi terkenal. Karya tuisnya dibaca banyak orang. Kedua, keuntungan eknomi karena pengirim tulisan dapat royalti dari redaksi. Ketiga,ilmunya bermanfaat bagi banyak orang.

            Bagaimana cara menulis teks eksposisi? Banyak cara yang bisa dilakukan di antaranya sebagai berikut:

1.    Tentukanlah topik  yang berupa masalah yang akan Anda bahas!

Saat merencanakan penulisan teks eksposisi, pastikan topik yang Anda tentukan itu penting. Penting di sini maksudnya adalah topik Anda sedang aktual, sedang hot, viral, dibicarakan banyak orang. Selain itu, upayakan topik Anda juga bermanfaat bagi banyak orang. Selain itu, pastikan Anda juga menguasai topik ini. Anda puya pengetahuan, pengalaman berkaitan dengan topik ini. Bila Anda belum punya pengetahuan tentang topik ini, Anda harus membaca referensi perihal topik yang akan Anda bahas, misalnya dari buku atau dari internet. Misalnya teks eksposisi yang akan Anda bahas bertopik kebiasaan bangga dengan produk luar negeri.



2.    Membuat kerangka

Ingatlah bahwa teks eksposisi strukturnya ada tiga yakni tesis (peryataan pendapat), argumentasi, dan penegasan ulang. Misalnya:

Topik: Kebiasaan warga bangga dengan produk luar negeri.

Kerangka:

a.    Tesis

Fakta:

Media CNBC melaporkan hasil survei bahwa 60% warga lebih menyukai produk luar negeri.

 

Masalah

1)Meningkatnya angka pengangguran dalam negeri

2)Industri dalam negeri kewalahan bersaing dengan industri luar negeri

3)Devisa negara mengami pengurangan

4)Menurunkan nasionalisme

 

b.   Argumentasi

1)Penyebabnya karena tokoh (pemerintah atau pun artis) ikut menjadi model seolah mengampanyekan produk luar negeri.

2)Pemerintah kurang berperan dalam mengatur regulasi.

3)Pemerintah kurang berhasil memberikan pembinaan pada industri dalam negeri dan pada konsumen dalam negeri.

 

c.    Penegasan ulang

Harus ada kerjasama antara pemerintah, industri dalam negeri, dan masyarakat sebagai konsumen dalam negeri.

 

3.    Mengumpulkan bahan

Penulis teks ekposisi harus memperkaya wawasannya tentang topik masalah yang akan dibuatnya. Langkah yang dapat ditempuh dalam hal ini dengan membaca referesni, sumber pustaka tentang topik masalah yang akan dibahas, baik di buk, interne,  atau sumber kepustakaan lainnya.

 

4.    Perhatikan siapa target pembaca tulisanmu

Dengan mengetahui target pembaca tulisanmu, diharapkan kamu mampu menakar kedalaman pembahasan dan analisismu pada masalah yang dibahas.

 

5.    Mengembangkan kerangka

Kerangka yang sudah kalian buat, kembangkan menjadi karangan yang utuh berdasarkan pengalamanmu dan berdasarkan studi pustakamu, baik dari buku maupun dari internet.

Misalnya topik dan kerangka yang sudah diubuat di atas kita kembangkan, hasilnya seperi berikut!

a.    Tesis

Media CNBC melaporkan hasil survei bahwa 60% warga lebih menyukai produk luar negeri. Hasil penelitian ini memprihatinkan dan membuat masyarakat terkejut dan malu. Malu pada dunia internasional yang membaca hasil survei ini. Perilaku warga yang cenderung lebih menyukai produk luar negeri ini berdampak negatif pada banyak hal. Pertama, meningkatnya angka pengangguran dalam negeri. Hal ini disebabkan karena industri dalam negeri menjadi kalah bersaing dengan industri luar negeri. Industri menjadi lesu yang pada akhirnya mereka akan mengurangi ongkos belanja pegawai produksi, transportasi, dan tenaga lain yang berkaitan dengan produk tersebut. Selain itu, bila banyak warga lebih memilih produk luar negeri, devisa negara mengami pengurangan

Tidak hanya itu, kebiasaan belanja produk luar negeri daripada dalam negeri akan menurunkan harga diri bangsa Indonesia di mata dunia dan menurunkan jiwa nasionalisme bangsa Indoensia. Tidak hanya bagi diri sendiri, tetapi juga generasi bangsa yang akan datang akan tidak bangga pada produk dalam negeri.

 

b.   Argumentasi

Kebiasaan warga lebih memilih produk luar negeri daripada dalam negeri disebabkan oleh banyak hal. Pertama, banyak artis, model,bahkan tokoh masyarakat begitu bangga memamerkan barang- barangnya hasil belanja produk luar negeri. Mereka tidak menyadari bahwa mereka adalah model, tokoh yang menjadi sorotan dan perhatian masyarakat. Apa yang mereka pakai dan katakan akan berdampak bagi pembentukan masyarakat. Ini membentuk label, stigma bahwa produk luar negeri lebih keren, labih bergengsi daripada dalam negeri. Masyarakat begitu bangga memakai barang bermerek luar negeri padahal banyak produk luar negeri yang justru diproduksi, dikerjakan industri dalam negeri. Misalanya PT Sritek, industri tekstil di Solo yang memproduksi busana berkelas.

Kedua, produk dalam negeri kalah bersaing daripada produk dalam negeri meski di pasar dalam negeri. Menurut desainer kondang Ali Charisma, merek lokal masih kalah saing dengan merek luar negeri.

Kurangnya uluran tangan pemerintah dalam hal ini juga makin menjadikan masyarakat lebih suka produk luar negeri daripada dalam negeri. Pemerintah perlu membina industri dalam negeri agar mampu menghasilkan produk- produk berdaya saing. Selain itu, pemerintah juga perlu membuat aturan, regulasi, mewajibkan pegawai negeri  dan keluarganya untuk membeli dan menggunakan produk dalam negeri, misalnya alat tulis kantor, baju, sepatu, topi, tas, dan kebutuhan lainnya di pemerintahan harus menggunakan produk dalam negeri. Tindakan ini akan menjadikan produk dalam negeri tumbuh subur yang pada akhirnya akan meningkatkan daya saing industri dalam negeri.

 

c.    Penegasan ulang

Agar kebiasaan bangga pada produk luar negeri ini terkikis bahkan hilang, tidak mendarah daging bahkan turun pada anak cucu kita, perlu ada kerja sama banyak pihak. Pemerintah perlu membuat aturan yang tegas yang menganjurkan bahkan mengharusnya belanja produk dalam negeri. Tokoh publik, artis, termasuk aparat pemerintah juga harus menjadi model bagi masyarakat untuk cinta pada produk luar negeri. Selain itu, industri dalam negeri harus evaluasi diri agar bisa meningkatkan kualitas produk sehingga produk- produknya bersaing.


6.    Menyunting teks

Setelah selesai, baca kembali tulisanmu. Suntinglah. Hal yang Anda perhatikan dalam menyunting mencakup:

a.   Aspek isi, apakah isinya menarik dan bermanfaat?

b. Aspek struktur, pakah strukturnya lengkap? Hubungan antar struktur padu dan logis?

c.  Aspek ejaan. Perhatikan ejaan (tanda baca, penggunaan huruf kapital, lain- lain). Perhatikan pula pilihan katanya, efektivitas kalimat dan kepaduan wacananya. Teks buatan Anda siap dipublikasikan.

 CATATAN: 

Jangan lupa memberi judul karanganmu. Judul bisa kalian buat pada awal mengarang, boleh pula Anda buat setelah isi karangan jadi. 


LATIHAN

Menulis Teks Eksposisi

Tulislah teks eksposisi dengan memilih salah satu topik di bawah ini! Anda juga boleh menentukan topik lainnya selain ini!

1.    Bahasa Inggris lebih keren daripada bahasa Indonesia

2.    Perlukah siswa membawa HP ke sekolah?

3.    Penyalahgunaan media sosial

4.    Pengguaan HP oleh anak usia dini.

5.    ...dll.

 

SUMBER:

Kosasih, 2019. Bahasa Indonesia Kelas XI dengan penambahan seperlunya

2 komentar:

  1. Trm ksh kak amin sgt membtu dlm kgiatan belajar mengajar

    BalasHapus
  2. Thanks you Kak,Materi tersebut sangat berguna dalam kegiatan pembelajaran serta mengasih info.

    BalasHapus