URAIAN MATERI
Sebagaimana yang telah dipaparkan terdahulu bahwa teks eksplanasi adalah teks yang memaparkan suatu proses peristiwa dengan sejelas- jelasnya. Oleh karena itu, jenis teks tersebut lebih sering menggunakan fakta. Adapun langkah-langkah penyusunannya adalah sebagai berikut.
1. Mendaftar topik-topik yang dapat dikembangkan menjadi teks eksplanasi.Contoh:
a.
Paling depan para siswi.
b.
Memainkan mayoret.
c. Melakukan koreografi.
d.
Para penonton berjubel.
e. Diikuti
marching band.
f.
Pelajar menempelkan
tulisan hak-hak remaja.
g. Pelajar berselimut spanduk berisi tanda tangan pelajar.
2. Menyusun kerangka teks, yakni dengan menomori topik-topik itu sesuai dengan struktur baku dari teks ekspalanasi, yang paragraf-paragrafnya dapat disusun secara kausalitas atau kronologis. Dalam tahap ini, dapat saja membuat topik yang kita anggap tidak sesuai atau menggantinya dengan topik yang lain.
Struktur Teks Eksplanasi |
Topik-topik |
1. Identifikasi fenomena |
a) .... b) .... c)... dst. |
2. Proses kejadian |
a) .... b) .... c)... dst. |
3. Ulasan |
a) .... b) .... c)... dst. |
![]() |
|||
![]() |
Adapun pengembangan paragrafnya, kita
dapat menyusun kerangka seperti berikut.
Contoh:
a. Paling
depan para siswi yang cantik.
b. Memainkan
mayoret, melakukan koreografi.
c.
Diikuti marching band.
d. Pelajar menempelkan tulisan hak-hak remaja.
e. Pelajar berselimut spanduk berisi tanda tangan pelajar.
3.
Mengembangkan
kerangka yang telah disusun menjadi teks eksplanasi yang lengkap dan utuh,
dengan memperhatikan struktur bakunya: identifikasi fenomena, proses kejadian, dan ulasan. Dalam
tahap ini kita harus menjadikan topik-topik itu
menjadi kalimat yang jelas. Kita pun dapat saja membuat kalimat yang fungsinya
sebagai pengikat, seperti konjungsi-konjungsi yang biasa digunakan dalam teks
eksplanasi sehingga kalimat-kalimat itu terjalin secara lebih kompak dan padu.
Berikut contoh pengembangan paragraf untuk teks eksplanasi.
Rombongan
ini terbagi menjadi beberapa
kelompok. Paling depan, deretan siswi-siswi imut. Mereka asyik memainkan mayoret, melakukan
koreografi menggunakan benderanya masing-masing. Kelompok mayoret ini diikuti dengan marching
band, disusul dengan sejumlah pelajar yang menempeli tubuh
mereka dengan papan
yang bertuliskan hak-hak yang patut dituntut
remaja. Rombongan diakhiri dengan sekelompok pelajar yang berbaris di
dalam “selimut” berbentuk spanduk yang diisi petisi berupa tanda
tangan pelajar dari sejumlah sekolah di Bandung. |
Kalimat yang bercetak miring
merupakan kalimat tambahan yang fungsinya sebagai pengikat sekaligus gagasan
umum paragraf itu.
4. Menyunting teks
eksplanasi yang ditulis teman. Tujuannya untuk
mengoreksi kesalahan-kesalahan yang mungkin ada dalam teks itu, misalnya
berkenaan dengan:
a. isi teks,
b. struktur,
c. kaidah
kebahasaan, dan
d. ejaan/tanda bacanya.
LATIHAN
Tulislah teks eksplanasi dengan memperhatikan petunnjuk berikut:
1. Teks yang kalian buat bertopik pembelajaran daring.
2. Struktur teks terdiri atas: a. Identifikasi fenomena. b. Proses Kejadian. c. Ulasa
3. Teks yang kalian buat, pengembangannya boleh berpola kronologis ataupun hubungan kausal (sebab akibat)
4. Panjang tulisan minimal delapan paragraf.
5. Jangan lupa beri judul yang menarik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar